MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF: ANALISIS METODE EFEKTIF BAGI SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.317Keywords:
Metode Pembelajaran, Teka-Teki Silang, Cerdas Cermat, Quizizz berbasis QRCodeAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran dikarenakan metode atau media pembelajaran yang cenderung monoton dan kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik, Ikhsan mengemukakan bahwa didalam pendidikan harus terdapat interaksi pendidik dan peserta didik yang dimana interaksi itu dapat saling mempengaruhi
baik pendidik dan peserta didiknya. Untuk itu kami melakukan penelitian dengan
tujuan penelitian adalah 1) mengetahui metode yang paling efektif dan efesien bagi siswa 2) Mengetahui peningkatan minat siswa dalam pembelajaran 3) mengetahui pelaksanaan metode berbasis Permainan (Teka teki silang, Cerdas cermat, Quizizz) dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini dilakukan di 2 kelas yang berbeda dengan masing masing kelas berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menginput beberapa indikator: pemahaman, kenyamanan, antusias dan kepuasan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan minat siswa terhadap pembelajaran. Dengan metode berbasis permainan (Teka teki silang, cerdas cermat, Quizizz) siswa menjadi banyak erinteraksi sehingga siswa aktif dan mendapatkan pengalaman langsung oleh karena itu pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.