ANALISIS PROSES IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK KELAS 2 SD NATURE ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.240Keywords:
Proses Identifikasi, Karakteristik, Peserta DidikAbstract
Dalam sebuah perencanaan pembelajaran sangat dibutuhkan kemampuan, keterampilan dan kejelian seorang desainer pembelajaran untuk menganalisis situasi dan keadaan tertentu peserta didiknya. Guru merupakan kunci dari akses belajar yang dialami oleh siswa, guru perlu mengimplementasikan desain pembelajaran yang nantinya memudahkan siswa dalam belajar. Sehingga kita akan merencanakan hasil pembelajaran, berorientasi pada proses, dan mekanisme pendukung dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk karakteristik pembelajaran yang lain adalah kecenderungan kebiasaan belajar. Hal tersebut adalah preferensi lain dari proses belajar yang dialami oleh setiap siswa. Kecenderungan ini merupakan bagian dari kenyamanan belajar. Maka, konsep ini perlu dipahami oleh para guru, khususnya dalam merancang pembelajaran di paska pandemi ini. Secara konseptual, kemudahan merupakan aktualisasi dari hasil pengelolaan dan pengorganisasian lingkungan belajar dan konteks sosial yang kemudian dapat memperbesar kapasitas individu dalam mengembangkan kapasitas untuk meningkatkan kualitas dan karakteristik pembelajaran.