Penerapan Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Penerapan Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Authors

  • Herlina Dewi SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh
  • Asrul SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.190

Keywords:

Covid-19, Proses Pembelajaran, Pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifitas dari penerapan metode Belajar Dari Rumah (BDR) untuk siswa SMK di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XII RPL 1 yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa wawancara yang dilakukan kepada 10 guru mata pelajaran produktif serta kuesioner yang disebarkan ke 27 siswa kelas XII RPL 1 secara online dengan menggunakan Google Form. Hasil yang didapatkan dari wawancara, banyak guru yang mengatakan bahwa BDR ini tidak efektif untuk diterapkan di SMK, serta hasil kuesioner tanggapan siswa didapatkan banyaknya kekurangan dalam penerapan BDR ini dibandingkan dengan kelebihannya. Sebaiknya diterapkan blended learning untuk SMK jika pandemi ini masih berlanjut.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Herlina Dewi, & Asrul. (2023). Penerapan Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Seroja : Jurnal Pendidikan, 1(3), 1–13. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.190
Loading...