STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERAS ORGANIK BAPAK JUMIYANTO DI KABUPATEN SRAGEN

Authors

  • Devi Hasanah Universitas Diponegoro
  • Kholidin Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i2.492

Keywords:

Strategi Pengembangan, Analisis Lingkungan, Kelayakan Usaha

Abstract

Pengembangan produk adalah untuk memberikan nilai maksimal bagi konsumen, memenangkan persaingan perusahaan dengan memilih produk yang inovatif, produk yang dimodifikasi serta mempunyai nilai yang tinggi baik dalam desain warna, ukuran, kemasan, merek, dan ciri-ciri lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan perlunya strategi pengembangan usaha beras organik untuk meningkatkan penjualan. Ada faktor lain untuk mendukung keberhasilan suatu usaha yaitu, faktor analisis lingkungan dan faktor kelayakan usaha yang harus dikaji dan diteliti apakah usaha ini layak untuk dilanjutkan. Produk beras organik adalah produk original yang di hasilkan sendiri oleh Bapak Jumiyanto, dan akan mengembangkan usahanya dari segi pemasaran, penambahan merk usaha ketika sudah dilaksanakan uji lab, serta modifikasi  dari kemasan beras organik yang lebih variative dan modifikasi peralatan pertanian.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Devi Hasanah, & Kholidin. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERAS ORGANIK BAPAK JUMIYANTO DI KABUPATEN SRAGEN. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 21–30. https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i2.492