KOMUNIKASI INTRAPERSONAL PRAKTIK PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM (UNISDA)

Authors

  • M. Reza Al Akhsan Universitas Islam Darul Ulum
  • Saefrudin Saefrudin Universitas Islam Darul Ulum
  • Khotib Sholeh Universitas Islam Darul Ulum

Keywords:

Moderasi beragama, Komunikasi intrapersonal, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang pluralistic, berlatar belakang aneka ragam budaya, suku, bahasa, adat, agama, ras sehingga rawan terjadinya sebuah pertikaian dan pertengkaran. Masyarakat Indonesia harus dapat bersikap secara tengah-tengah tidak fanatik terhadap salah satu pihak, begitupun dalam hal beragama perlu adanya sikap toleransi dan saling menghargai dari satu agama dengan agama yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan 2 hal yaitu pemahaman moderasi beragama dikalangan mahasiswa dan proses penerapan komunikasi intrapersonal terkait Pendidikan moderasi beragama dalam diri masing-masing mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pada proses pemahaman moderasi beragama, penelitian ini menggunakan  4 indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap budaya. Sedangkan untuk unsur komunikasi intrapersonal antara lain sensasi, persepsi, memori dan berpikir. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa UNISDA dapat memahami konsep moderasi beragama sesuai dengan 4 indikator tersebut. Dalam proses komunikasi intrapersonal mahasiswa juga dapat langsung memberikan reaksi dengan cara mengungkapkan ketidaksetujuan, dan memberikan rasa spontan jika dalam pendapatnya ada rasa tidak suka. Dengan begitu komunikasi intrapersonal dapat diterapkan pada semua mata kuliah khususnya pada program studi pendidikan agama islam, umumnya pada segala tema karena konsep komunikasi intrapersonal adalah melatih sikap berpikir dan pemahaman seseorang tentang suatu masalah dan kejadian sehingga menimbulkan keputusan dan tindakan

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Akhsan, M. R. A., Saefrudin, S., & Sholeh , K. (2024). KOMUNIKASI INTRAPERSONAL PRAKTIK PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM (UNISDA). Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 455–461. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/2240