ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN PASCA PANDEMI COVID DI INDONESIA TERHADAP BISNIS DIGITAL DAN GAYA HIDUP

ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN PASCA PANDEMI COVID DI INDONESIA TERHADAP BISNIS DIGITAL DAN GAYA HIDUP

Authors

  • Putu Pande Edy Swardinata Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Arya Wirayudha Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Wahyu Saputra Wijaya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irfan Efendi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • I.G.N Andhika Mahendra Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i1.479

Keywords:

Bisnis Digital, Pasca Covid-19, Perilaku Konsumen

Abstract

Pandemi covid yang telah melanda di Indonesia, yang kemudian memicu semakin berkembang pesatnya bisnis berbasis digital tentunya menyebabkan begitu banyak perubahan perilaku konsumen dalam memutuskan untuk membeli sesuatu barang maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perubahan perilaku konsumen setelah pandemi covid 19. Dengan begitu diharapkan pelaku bisnis dapat menyadari akan perubahan perubahan yang ada guna tetap bersaing seiring berkembangnya jaman. Metode penelitian menggunakan literature review dengan mengacu dan menginterpretasi pada penelitian tentang perilaku konsumen yang sudah ada. Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi perubahan perilaku konsumen secara drastis dari beberapa sektor bisnis yang ketika pandemi mengalami keterpurukan dan ada juga malah berpotensi jadi incaran konsumen ketika setelah pandemi covid19 mereda.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Putu Pande Edy Swardinata, Arya Wirayudha, Wahyu Saputra Wijaya, Irfan Efendi, & I.G.N Andhika Mahendra. (2023). ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN PASCA PANDEMI COVID DI INDONESIA TERHADAP BISNIS DIGITAL DAN GAYA HIDUP. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 70–80. https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i1.479
Loading...