ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Een Unaenah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Mia Alfiatun Najah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nabilla Oktaviani Rizki Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Ahya Kamilatun Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.789

Keywords:

Kesulitan Siswa, Sekolah Dasar, Soal Cerita, Matematika, Geometri

Abstract

Siswa dengan kesulitan belajar matematika sering melakukan kesalahan saat belajar berhitung dan menyelesaikan soal cerita. Siswa sering bergumul dengan soal cerita karena mereka tidak dapat memahami arti dari soal dan bingung dalam menentukan operasi aritmatika mana yang akan digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, dan mengungkap upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika di kelas 5(lima) berdasarkan metode penelitian ini. bersifat deskriptif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 (tiga) siswa dari kelas 5 (lima) dan seorang guru dari kelas 5 (Lima). Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa kelas 5 (Lima) bertambah dari 15 siswa menjadi 10 (Sepuluh) siswa. Kesulitan belajar matematika melalui pemecahan masalah cerita. Kesulitan Pembelajaran Matematika Soal Cerita yang Muncul di Kelas V SD meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor penyebab kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor intrinsik siswa meliputi IQ atau kecerdasan, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika, semangat belajar siswa yang masih rendah, dan kesehatan fisik siswa yang kurang baik. Kemampuan indrawi siswa juga kurang. Meskipun faktor eksternal datang dari luar antara lain cara mengajar siswa kurang beragam dan penggunaan media pembelajaran kurang diperhatikan. Memaksimalkan infrastruktur sekolah dan lingkungan rumah.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Een Unaenah, Mia Alfiatun Najah, Nabilla Oktaviani Rizki, & Nur Ahya Kamilatun. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(4), 11–20. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.789
Loading...