PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS, DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 22 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i3.730Keywords:
Pendidikan kewirausahaan, kreativitas, praktik kerja industri, minat berwirausahaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 22 Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 22 Jakarta sejumlah 212 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel proporsional dengan mengacu pada tabel Isac dan Michael dengan rumus Slovin dengan akurasi tingkat kesulitan sebesar 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 139 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equational Modelling dengan model Partial Least Square (SEM-PLS) yang dihitung menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh secara positif antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (2) terdapat pengaruh secara positif antara kreativitas terhadap minat berwirausaha, (3) terdapat pengaruh secara positif antara praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha, (4) terdapat pengaruh positif antara variabel pendidikan kewirausahaan, kreativitas, dan praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuniar Ardiyani, Henry Eryanto, Nadya Fadillah Fidhyallah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.