PERILAKU KERJA INOVATIF GURU SMK NEGERI DI JAKARTA PUSAT
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i3.719Keywords:
Perilaku Kerja Inovatif GuruAbstract
Perilaku kerja inovatif diharapkan mampu melahirkan kreatifitas dan inovasi untuk menjawab perubahan yang semakin pesat serta tantangan yang kian rumit terutama dalam bidang pendidikan. Guru perlu terus melakukan pembaruan (inovasi) dan mewujudkan keberlanjutan eksistensinya melalui penciptaan ide-ide baru dan inovasi yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari berbagai sumber artikel hasil review yang menghasilkan data sekunder. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang variabel-variabel apa saja yang dapat mempengaruhi perilaku kerja inovatif guru khususnya pada SMK Negeri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka ditemukan hasil terdapat variabel yang mempengaruhi perilaku kerja inovatif guru, yaitu stres kerja dan berbagi pengetahuan. Variabel perilaku kerja inovatif tersebut dapat diukur melalui empat dimensi dan lima indikator, yaitu 1) idea exploration: eksplorasi peluang, 2) idea generation: menghasilkan ide, 3) idea championing: mempromosikan ide, dan 4) idea implementation: merealisasikan ide dan melakukan refleksi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Komalasari, Susan Febriantina, Maulana Amirul Adha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.