ANALISIS KEEFEKTIFAN METODE BELAJAR SONG DAN ICE BREAKING DENGAN MATERI “FAMILY” KEPADA SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH

ANALISIS KEEFEKTIFAN METODE BELAJAR SONG DAN ICE BREAKING DENGAN MATERI “FAMILY” KEPADA SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Farihah Farihah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Farsa Anandita Julia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Miftahul Janah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nazwa Sabila Sumarno Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nuraini Ersa Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v2i2.667

Keywords:

Belajar, Materi, Metode, Siswa

Abstract

Dalam artikel ini kami menganalisis keefektifan metode belajar Song dan Ice Breaking dengan materi "Family" pada siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dimana teknik pengumpulan datanya melalui ob- servasi, tes tertulis, dokumentasi dan catatan lapangan. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah di Kota Tangerang Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa yang terdiri atas 13 siswa dan 15 siswi. Hasil penelitian membuktikannya materi “Family” diajarkan bersama menggunakan metode Song dan Ice Breaking memiliki hasil studi yang cukup bagus. Itu menunjukkan bahwa kombinasi metode Song dan Ice Breaking efektif digunakan dalam pembelajaran materi "Family" pada siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah.

 

Author Biographies

Ina Magdalena, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

 

Asih Rosnaningsih, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

Farihah Farihah, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

Farsa Anandita Julia, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

Miftahul Janah, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

Nazwa Sabila Sumarno, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

Nuraini Ersa, Universitas Muhammadiyah Tangerang

 

 

Downloads

Published

2023-07-16

How to Cite

Magdalena, I., Rosnaningsih, A. ., Farihah, F., Julia, F. A. . ., Janah, M. ., Sumarno, N. S. ., & Ersa, N. . (2023). ANALISIS KEEFEKTIFAN METODE BELAJAR SONG DAN ICE BREAKING DENGAN MATERI “FAMILY” KEPADA SISWA KELAS 3 MADRASAH IBTIDAIYAH. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(2), 196–205. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i2.667
Loading...