IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR PROVINSI JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.442Keywords:
Pendidikan Karakter, Ekstrakulikuler, PramukaAbstract
Gerakan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat baik dalam human character building. Satya dan dharma pramuka merupakan karakter yang tercermin pada kode etik kepramukaan. Pendidikan karakter sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai perilaku peserta didik. Melalui pendidikan karakter dapat membantu dalam pembentukan karakter siswa dengan upaya yang dilakukan bersama antara siswa, guru dan orang tua. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui ekstrakulikuler pramuka dalam hal proses implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi literatur atau kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini bersumber dari jurnal-jurnal terdahulu yang dilakulan dengan cara menelusuri jurnal pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet maupun koleksi yang kemudian dipilih dan dianalisis lebih lanjut. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler pramuka dapat dilaksanakan secara terstruktur, administrasi yang baik dan membina kegiatan pramuka dengan baik dilakukan dengan cara, (1) pembiasaan-pembiasaan dalam berkegiatan, (2) praktik langsung, dan (3) penyampaian materi yang dilakukan secara berkelanjutan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novita Ratna Sari, Moh Fathurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.