IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR PROVINSI JAWA TENGAH

Authors

  • Novita Ratna Sari Universitas Negeri Semarang
  • Moh Fathurrahman Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.442

Keywords:

Pendidikan Karakter, Ekstrakulikuler, Pramuka

Abstract

Gerakan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat baik dalam human character building. Satya dan dharma pramuka merupakan karakter yang tercermin pada kode etik kepramukaan. Pendidikan karakter sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai perilaku peserta didik. Melalui pendidikan karakter dapat membantu dalam pembentukan karakter siswa dengan upaya yang dilakukan bersama antara siswa, guru dan orang tua. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui ekstrakulikuler pramuka dalam  hal proses implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi literatur atau kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini bersumber dari jurnal-jurnal terdahulu yang dilakulan dengan cara menelusuri jurnal pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet maupun koleksi  yang kemudian dipilih dan dianalisis lebih lanjut. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler pramuka dapat dilaksanakan secara terstruktur, administrasi yang baik dan membina kegiatan pramuka dengan baik dilakukan dengan cara, (1) pembiasaan-pembiasaan dalam berkegiatan, (2) praktik langsung, dan (3) penyampaian materi yang dilakukan secara berkelanjutan

Downloads

Published

2023-06-11

How to Cite

Novita Ratna Sari, & Moh Fathurrahman. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR PROVINSI JAWA TENGAH. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(2), 11–20. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.442