ANALISIS PEMBELAJARAN BERORIENTASI DI PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.422Keywords:
Pembelajaran Berorientasi, Teknik Mesin, UPN Veteran Jawa TimurAbstract
Pembelajaran Berorientasi merupakan suatu metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam memahami konsep dan teori dengan melibatkan mereka dalam aktivitas pengalaman di berbagai lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebahasaan yang diterapkan dalam pembelajaran berorientasi di program studi teknik mesin UPN Veteran Jawa timur, (2) mengetahui metode pembelajaran yang dapat di implementasikan pada program studi teknik mesin UPN Veteran Jawa timur. (3) mengetahui proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan serta keunggulan mahasiswa dalam berorientasi di teknik mesin UPN Veteran Jawa timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara tertulis melalui pengisian google formulir yang diisi oleh 25 informan . Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kebahasaan yang diterapkan dalam pembelajaran yang dapat di implementasikan pada program studi teknik mesin UPN Veteran Jawa timur cukup baik, mudah dipahami namun ada beberapa kata dalam bahasa yang awam diketahui oleh mahasiswa dan tidak dijelaskan. Sehingga membuat para mahasiswa lebih ditekankan kembali oleh para pengajar. (2) metode pembelajaran yang dapat di implementasikan pada program studi teknik mesin UPN Veteran Jawa timur yaitu menggunakan metode belajar kelompok, praktik lapangan, metode 2 arah (interaksi antara dosen dengan mahasiswa), dan menggunakan teknik pomodoro, teknik ini menggunakan waktu selama 25 menit bekerja dan 5 menit untuk istirahat. (3) proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan serta keunggulan mahasiswa dalam berorientasi di teknik mesin UPN Veteran Jawa timur yaitu pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan metode demonstrasi serta perbanyak literasi dan implementasi teori, agar dosen dapat mengetahui lebih dalam kemampuan setiap individu mahasiswa secara objektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Sholihatin, Moch Ayub Wicaksono, Hylmi Ghani Utama, Fikri Isya Zain, Robby Margi Utomo, Guntur Esa Pranagozy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.