EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA PENULISAN PUISI SISWA KELAS X SMK AKBAR UMBULSARI
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.377Keywords:
Metode Field Trip, Hasil Belajar, Menulis PuisiAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif tertentu yang menggunakan tes dan observasi sebagai bagian dari metode eksperimen untuk mengumpulkan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau dampak penggunaan teknik Field Trip pada siswa kelas X SMK Akbar Umbulsari yang sedang belajar menulis puisi, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan metode. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model One Group Pretest Posttest Design dengan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data penelitian berasal dari nilai siswa kelas X SMK Akbar Umbulsari. Analisis data yang digunakan adalah uji-t Untuk memastikan dampak penggunaan pendekatan Field Trip, pada saat pretest dan postest dilakukan. Dari hasil analisis yang telah dikumpulkan bahwa dapat disimpulkan (1) nilai rara-rata yang diperoleh siswa kelas X SMK Akbar Umbulsari sebelum penerapan metodologi Field Trip ialah 58,dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X SMK Akbar Umbulsari sesudah menggunakan metode Field rip yaitu 74. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan metode Field Trip terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada pelajaran menulis puisi siswa kelas X SMK Akbar Umbulsari.