Rekonstruksi Sekolah Sebagai Lingkungan yang Paling Aman Bagi Siswa di Tengah Maraknya Kasus Kekerasan Kepada Anak

Authors

  • Adillah Shofiyyatuzzahrah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aulia Amanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hilmi Rizal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mayang Rianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Miranda Siregar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nisrina Nurul Insani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.345

Keywords:

Kekerasan Anak, Sekolah Ramah Anak, Aturan sekolah, Pencegahan Kekerasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak dan berbahayanya kekerasan pada anak di lingkungan sekolah, serta mencari informasi mengenai aturan sekolah itu sendiri ataupun partisipasi aturan pemerintah dalam sekolah untuk mewujudkan sekolah yang aman, nyaman, sehingga menjadi sekolah ramah anak. Selain itu, masalah kekerasan di sekolah kepada peserta didik menjadikan pandangan atau label sekolah ramah anak hilang begitu saja. Data yang didapatkan dari hasil pendekatan kualitatif dengan fokus pada wawancara semi terstruktur kepada guru dan peserta didik untuk mendapatkan informasi mengenai aturan yang dibuat sekolah, cara mencegah kekerasan kepada peserta didik, serta menanggulangi ketika kemungkinan buruknya di sekolah tersebut terjadi kekerasan dalam bentuk apapun kepada peserta didik. Dari hasil analisis penelitian, dapat terlihat masih terjadi kekerasan kepada anak khusunya siswa dengan siswa yang merupakan permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa pentingnya menciptakan lingkungan yang aman di sekolah dengan memberikan berbagai langkah untuk mencegah perundungan dan pelecehan seksual, seperti menyediakan sistem pelaporan dan bekerja dengan departemen kesehatan untuk menangani masalah kesehatan fisik dan psikis.

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Adillah Shofiyyatuzzahrah, Aulia Amanda, Hilmi Rizal, Mayang Rianti, Miranda Siregar, Nisrina Nurul Insani, & Rama Wijaya Abdul Rozak. (2023). Rekonstruksi Sekolah Sebagai Lingkungan yang Paling Aman Bagi Siswa di Tengah Maraknya Kasus Kekerasan Kepada Anak. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.345