MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA SMP TENTANG CAHAYA MENGGUNAKAN LEARNING CYCLE 7E
Keywords:
Learning cycle, Miskonsepsi, CahayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi jumlah miskonsepsi siswa pada materi cahaya menggunakan learning cycle 7E. Metode yang digunakan dalam penelitian pre-experimental dengan rancangan onegroup pretest-postest. Total sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu siswa kelas VII tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengukuran, yang dilakukan dengan memberikan soal tes sebelum dan setelah pembelajaran. Analisis data yang diperoleh terdapat penurunana jumlah miskonsepsis siswa sebesar 60% untuk ketiga konsep, serta terdapat signifikasi perubahan konseptual siswa, efektifitas penerapan model learning cycle 7E dilakukan dengan melihat indeks harga DQM yang diperoleh sebesar 0,8 (kategori tinggi).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuni Asparida, Tomo Djudin, Erwina Oktavianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.