PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yohana Putri Lestari Waruwu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rahmad Nexandika Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Novi Wulandari Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Leni Saryahayati Waruwu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Taruli Marito Silalahi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Model pembelajaran SAVI, hasil belajar, matematika, sekolah dasar, studi literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar berdasarkan studi literatur. Model pembelajaran SAVI mengintegrasikan berbagai gaya belajar yang melibatkan berbagai indera siswa, yaitu gerakan tubuh (somatis), pendengaran (auditori), penglihatan (visual), dan kemampuan intelektual (kognitif). Dalam studi ini, penulis menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang telah menguji penerapan model SAVI dalam pembelajaran matematika, dengan fokus pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa penerapan model SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, motivasi, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa model ini efektif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa dengan berbagai gaya belajar. Meskipun demikian, pengaruh model ini sangat bergantung pada konteks implementasi, seperti kesiapan guru, fasilitas, dan karakteristik siswa. Secara keseluruhan, studi literatur ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD, terutama dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan menyenangkan.

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Waruwu, Y. P. L., Nexandika, R. . ., Wulandari, N. . ., Waruwu, L. S. . ., & Silalahi, T. M. . . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Seroja : Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–30. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2753