PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model pembelajaran SAVI, hasil belajar, matematika, sekolah dasar, studi literaturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar berdasarkan studi literatur. Model pembelajaran SAVI mengintegrasikan berbagai gaya belajar yang melibatkan berbagai indera siswa, yaitu gerakan tubuh (somatis), pendengaran (auditori), penglihatan (visual), dan kemampuan intelektual (kognitif). Dalam studi ini, penulis menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang telah menguji penerapan model SAVI dalam pembelajaran matematika, dengan fokus pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa penerapan model SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, motivasi, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa model ini efektif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa dengan berbagai gaya belajar. Meskipun demikian, pengaruh model ini sangat bergantung pada konteks implementasi, seperti kesiapan guru, fasilitas, dan karakteristik siswa. Secara keseluruhan, studi literatur ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD, terutama dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yohana Putri Lestari Waruwu, Rahmad Nexandika, Novi Wulandari, Leni Saryahayati Waruwu, Taruli Marito Silalahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.