PENANAMAN KARAKTER HUBBUL WATON DALAM MENIGKATKAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH JUWANA PATI

Authors

  • Ustman Afandi Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara
  • Sukarman Sukarman Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara
  • Muhammad Ashfa Ulinnuha Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara
  • Khabib Mukhlisul Huda Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara
  • Imam Syafi'i Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara
  • Kusroni Kusroni Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara

Keywords:

Penanaman Karakter, Hubbul Wathon, Disiplin

Abstract

Penanaman Karakter Hubbul Wathon Dalam Meningkatkan Disiplin Di MTs Matholiul Falah Juwana. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penanaman cinta tanah air (Hubbul Wathon) di MTs Matholiul Falah Juwana dan untuk mengkaji prestasi disiplin yang ada di sekolah. Disiplin di madrasah merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran, karena membantu siswa mengembangkan tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Selain itu, disiplin menumbuhkan toleransi di kalangan siswa. Disiplin juga menjadi salah satu kunci keberhasilan khususnya di lingkungan MTs, dimana penerapan kedisiplinan sangatlah penting agar madrasah dapat tertib dan aman.

Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penanaman karakter Hubbul Wathon di MTs Matholiul Falah Juwana dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menampilkan potret Presiden dan Wakil Presiden. Presiden, memajang foto-foto pahlawan nasional, dan mengadakan apel pagi secara rutin sebelum kelas dimulai. 2) Hasil penanaman karakter Hubbul Wathon dalam meningkatkan kedisiplinan.

Author Biography

Sukarman Sukarman, Universitas Islam Nahdalatul Ulama Jepara

Lecture

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Afandi, U., Sukarman, S., Ulinnuha, M. A., Huda, K. M., Syafi’i, I., & Kusroni, K. (2024). PENANAMAN KARAKTER HUBBUL WATON DALAM MENIGKATKAN DISIPLIN DI LINGKUNGAN MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH JUWANA PATI . Seroja : Jurnal Pendidikan, 4(1), 13–22. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2751