MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS WORDWALL

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS WORDWALL

Authors

  • Choliza Zakia Rahma Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Wordwall

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan tulisan. Keterampilan menulis pada pembelajaran bahasa Indonesia perlu diarahkan agar peserta didik mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (Stit et al., n.d.). Salah satunya adalah penggunaan pola kalimat SPO. Tujuan penelitian ini adalah menguji peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia melalui media pembelajaran flashcard berbasis wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Activity Research (CAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 38% peserta didik kurang termotivasi pada pembelajaran siklus I yang dilakukan tanpa media pembelajaran. Sebanyak 25% peserta didik kurang termotivasi pada pembelajaran siklus II yang dilakukan menggunakan media pembelajaran. Peningkatan terhadap motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 13%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Tindak lanjutnya, mengaplikasikan media pembelajaran ini pada materi bahasa Indonesia lain yang belum menggunakan media pembelajaran flashcard.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Rahma, C. Z. (2024). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS WORDWALL. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(3), 121–129. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2465
Loading...