IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Abdurrahman Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Masra Latjompoh Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Google Sites, hasil belajar, Gain Score, Uji Wilcoxon

Abstract

Penelitian ini menguji apakah pembelajaran materi khusus berbasis Google Sites meningkatkan pembelajaran siswa tentang pertumbuhan dan perkembangan tanaman benih. Mempertimbangkan nilai pedagogi yang berpusat pada siswa. Studi ini mengevaluasi Google Sites sebagai media pembelajaran konten yang dibedakan untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Studi ini menggunakan desain pra-tes-pasca-tes kelompok tunggal. Semua 18 siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Satap Mootilango berpartisipasi dalam studi ini. Uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis hasil pembelajaran pra-tes dan pasca-tes. Hasil pembelajaran siswa meningkat secara signifikan, dengan skor pra-tes rata-rata 43,89 (simpangan baku 18,515) naik menjadi 80,00 (simpangan baku 10,290) pada pasca-tes. Nilai-p yang substansial sebesar 0,000 (p < 0,05) menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Google Sites meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Selain itu, semua hasil belajar siswa menunjukkan skor peningkatan positif, yang menunjukkan peningkatan berkelanjutan dalam hasil pembelajaran. Studi ini menunjukkan bahwa pembelajaran terdiferensiasi berbasis Google Sites dapat mendukung pembelajaran berbasis teknologi dan memenuhi kebutuhan siswa. Disarankan agar penelitian lanjutan menguji implementasi pendekatan ini pada materi lain serta dalam kelompok yang lebih luas untuk memperkuat temuan dan mengeksplorasi dampak jangka panjangnya.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Mahmud, A., & Latjompoh , M. . (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(3), 117–122. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2462