PROBLEMATIKA LINGKUNGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA CIMAHI

Authors

  • Agus Gunawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lina Marlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Lingkungan Pembelajaran, Problematika Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menganalisis problematika lingkungan dalam pembelajaran untuk bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Cimahi. Metode  penelitian  yang  digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan lapangan, yang melibatkan dokumentasi, wawancara, dan observasi terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam aspek ketersediaan fasilitas fisik, interaksi sosial, serta dukungan kultural. Meskipun fasilitas ruang kelas memadai, penggunaan alat peraga dan interaksi positif antar siswa belum optimal. Selain itu, kurangnya kegiatan yang mendukung budaya Arab turut mempengaruhi minat dan pencapaian siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini merekomendasikan penguatan sarana pembelajaran, peningkatan interaksi sosial, serta pelatihan guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab di MTsN Cimahi.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Gunawan, A. ., & Marlina , L. . (2024). PROBLEMATIKA LINGKUNGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA CIMAHI. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(3), 73–91. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2444