IMPLEMENTASI MODEL ASSURE DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD NEGERI SUKASARI 5 KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i1.243Keywords:
Assure, Desain Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan siswa dan guru dalam proses pembelajaran serta peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran melalui model ASSURE. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sukasari 5 Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan oleh dua tahap pembelajaran, karena dari hasil refleksi pembelajaran ke 2, dalam proses pembelajaran tidak ditemukan lagi kelemahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran pertama seperti tidak memperhatikan penjelasan guru, malu bertanya atau menjawab, dan hasil kerja untuk menyelesaikan soal yang diberikan masih mengandalkan jawaban temannya. Setelah tindakan pembelajaran ke dua menunjukkan peningkatan aktivitas siswa antara lain siswa lebih fokus mendengarkan penjelasan guru, mulai berani bertanya, berpendapat, atau menjawab, dan mulai percaya diri dalam pekerjaannya. Juga, ada peningkatan hasil tes siswa.