ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET UNTUK KEGIATAN ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK DI SMP
Keywords:
dampak penggunaan gadget; aturan; solusiAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada pelaksanaan kegiatan Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) di sekolah serta solusi agar siswa di SMPN 5 Kota Serang dapat mengikuti aturan dan tata tertib hingga tidak kecanduan menggunakan gadget di luar kebutuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif berupa observasi langsung ke lapangan, kemudian dilakukan proses pendataan, pengelolaan data, serta menganalisis data. Sampel penelitian dipilih secara random dari seluruh siswa kelas VII hingga IX SMP Negeri 5 Kota Serang dan guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak penggunaan gadget pada kesehatan mata, adanya dampak penggunaan gadget terhadap kepribadian dan karakteristik peserta didik meliputi meningkatkan resiko kecanduan (Addiction) kecemasan (Axienty Disorder), Nomophobia ( No Mobile Phone Phobia), stress, serta depresi terhadap diri siswa, dampak penggunaan gadget terhadap sikap peduli sosial dan lingkungan yang membuat peserta didik acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitar karena fokusnya hanya pada gadget semata, aturan membawa gadget bagi peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Serang hingga solusi agar peserta didik tidak kecanduan gadget yaitu dengan cara literasi berupa Al-Quran dan bacaan fiksi/non fiksi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nisa Septiani, Dita Nurul Asyifa , Inayatul Maulani , Frisca Nathalia , Wulan Yuliyanti, Yulia Dwi Putriani , Hanny Maulida Mawaddah , Andreas Deli , Ziyan Silfia Hani, Jumbuh Prabowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.