PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 2 KOTA PASURUAN

Authors

  • Anggitya Oktafisari Universitas PGRI Wiranegara
  • Nurus Sobakh Universitas PGRI Wiranegara
  • Dies Nurhayati Universitas PGRI Wiranegara

Keywords:

otivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia, dengan kualitas pendidikan yang baik mampu mengantarkan individu pada masa depan yang lebih cerah. Salah satu faktor penentu kualitas pendidikan adalah hasil belajar siswa, yang dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Motivasi yang tinggi pada siswa membuat proses pembelajaran lebih lancar, dan lingkungan keluarga yang kondusif serta suportif berperan sebagai faktor pendukung yang meningkatkan semangat belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Kota Pasuruan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan statistik deskriptif, menggunakan random sampling dari populasi 271 siswa dengan sampel 41 siswa. Hasil uji statistik menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, diharapkan pendidik lebih memahami kondisi lingkungan siswa, dan orang tua dapat menciptakan lingkungan keluarga yang kondusif untuk mendukung semangat belajar anak serta mendorong mereka untuk aktif mencari informasi.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Oktafisari, A., Sobakh , N. ., & Nurhayati , D. . (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 2 KOTA PASURUAN. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(2), 202–215. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2256