PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PGRI 2 KOTA PASURUAN
Keywords:
otivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar SiswaAbstract
Pendidikan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia, dengan kualitas pendidikan yang baik mampu mengantarkan individu pada masa depan yang lebih cerah. Salah satu faktor penentu kualitas pendidikan adalah hasil belajar siswa, yang dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Motivasi yang tinggi pada siswa membuat proses pembelajaran lebih lancar, dan lingkungan keluarga yang kondusif serta suportif berperan sebagai faktor pendukung yang meningkatkan semangat belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Kota Pasuruan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan statistik deskriptif, menggunakan random sampling dari populasi 271 siswa dengan sampel 41 siswa. Hasil uji statistik menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, diharapkan pendidik lebih memahami kondisi lingkungan siswa, dan orang tua dapat menciptakan lingkungan keluarga yang kondusif untuk mendukung semangat belajar anak serta mendorong mereka untuk aktif mencari informasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggitya Oktafisari, Nurus Sobakh , Dies Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.