EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP
Keywords:
Model Pembelajaran Discovery learning dengan teknik Probing prompting, Hasil Belajar, Gerak dan GayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan teknik probing prompting terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi gerak dan gaya di SMP Negeri 5 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan skor rata-rata pre-test dan post-test dari masing masing kelas terdapat selisih sebesar 11,66 pada hasil pre-test dan 17,27 pada hasil post- test. Kemudian berdasarkan hasil Uji Mann Whitney U-Test diperoleh nilai asymp sig. Sebesar 0,000 yang artinya “hipotesis diterima”. Berdasarkan perhitungan effect size, pembelajaran menggunakan discovery learning dengan teknik probing prompting diperoleh nilai sebesar 1,63 dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan teknik probing prompting efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi gerak dan gaya di SMP Negeri 5
Pontianak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Khairani, Stepanus Sahala Sitompul, Erwina Oktavianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.