PENGARUH MEDIA SIMULASI PHET COLORADO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI SDIT LUHUR AL-KAUTSAR
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.2197Keywords:
Simulasi PhET, Hasil Belajar IPA, Rangkaian Listrik Sederhana.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VI di SDIT Luhur Al-Kautsar sebelum penerapan media simulasi PhET dalam materi rangkaian listrik sederhana (2) Mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VI di SDIT Luhur Al-Kautsar sesudah penerapan media simulasi PhET dalam materi rangkaian listrik sederhana dan (3) Mengetahui pengaruh media simulasi PhET Colorado terhadap hasil belajar siswa dalam materi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Penelitan dilaksanakan di SDIT Luhur Al-Kautsar. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa dan data dikumpulkan melalui tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan termasuk uji normalitas dan uji wilcoxon Signed Ranks Test untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Skor rata-rata pretest sebesar 58,75 yang (2) Meningkat menjadi 74,79 pada posttest. (3) Hasil Uji Sig. two tailed menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest (Z = -4,323, p = 0,000), menandakan bahwa penggunaan media simulasi PhET berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini menyarankan bahwa media simulasi PhET dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi rangkaian listrik sederhana di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cahya Khoirotun Nisa, Asih Wahyuningsih, Eliya Rochmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.