PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF GURU SMK NEGERI SE-JAKARTA BARAT

Authors

  • Renny Andriani Universitas Negeri Jakarta
  • Susan Febriantina Universitas Negeri Jakarta
  • Puji Wahono Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.2117

Keywords:

Perilaku Kerja Inovatif, Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kecerdasan emosional terhadap perilaku kerja inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survei melalui google form. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 325 responden dengan sampel penelitian 179 responden yang merupakan guru pada SMK Negeri di Jakarta Barat. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan SEM SmartPLS 4.0 untuk menguji hipotesis yang akan diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Uji H1 menunjukkan bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku kerja inovatif guru SMK Negeri Se-Jakarta Barat, kecerdasan emosional memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku kerja inovatif guru SMK Negeri Se-Jakarta Barat, dan kepemimpinan dan kecerdasan emosional secara positif berpengaruh terhadap perilaku kerja inovatif guru SMK Negeri Se-Jakarta Barat.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Andriani, R. ., Febriantina, S. ., & Wahono, P. . (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF GURU SMK NEGERI SE-JAKARTA BARAT. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(2), 123–141. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.2117