PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP NILAI INDEKS PRESTASI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.1897Keywords:
Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Indeks PrestasiAbstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini mengidentifikasi faktor intrinsik (seperti cita-cita, tanggung jawab, dan harga diri) serta faktor ekstrinsik (termasuk kualitas dosen, bobot materi, metode perkuliahan, gambaran profesi, dukungan staf pengajar, dan kondisi sarana) yang memengaruhi motivasi belajar. Selain itu, penelitian ini juga memeriksa berbagai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa, seperti aspek jasmaniah, psikologis, kelelahan, serta lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Melalui metode penelitian kuantitatif, khususnya kuesioner, data dikumpulkan untuk menguji hipotesis yang mengusulkan adanya korelasi positif antara strategi pembelajaran yang efektif, motivasi belajar yang tinggi, dan peningkatan indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dalam mengoptimalkan praktik pendidikan guna meningkatkan kinerja mahasiswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mummar Alawi, Marsofiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.