PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP NILAI INDEKS PRESTASI MAHASISWA

Authors

  • Aryo Putut Sadewo Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.1897

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Indeks Prestasi

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini mengidentifikasi faktor intrinsik (seperti cita-cita, tanggung jawab, dan harga diri) serta faktor ekstrinsik (termasuk kualitas dosen, bobot materi, metode perkuliahan, gambaran profesi, dukungan staf pengajar, dan kondisi sarana) yang memengaruhi motivasi belajar. Selain itu, penelitian ini juga memeriksa berbagai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa, seperti aspek jasmaniah, psikologis, kelelahan, serta lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Melalui metode penelitian kuantitatif, khususnya kuesioner, data dikumpulkan untuk menguji hipotesis yang mengusulkan adanya korelasi positif antara strategi pembelajaran yang efektif, motivasi belajar yang tinggi, dan peningkatan indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dalam mengoptimalkan praktik pendidikan guna meningkatkan kinerja mahasiswa.

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Aryo Putut Sadewo, & Marsofiyati. (2024). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP NILAI INDEKS PRESTASI MAHASISWA. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(2), 25–37. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.1897