IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH
Keywords:
Analisis; Listrik Arus Searah; Kemampuan Komunikasi IlmiahAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi Listrik Arus Searah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Instrumen tes kemampuan komunikasi ilmiah fisika terdiri dari 16 soal esai. Berdasarkan hasil validasi soal oleh para ahli, diperoleh bahwa nilai validitas soal yakni 0,79 yang artinya soal berada dalam kualifikasi validitas tinggi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan komunikasi ilmiah siswa secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 60,08. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada setiap aspek komunikasi ilmiah adalah kemampuan membuat tabel/grafik 80,66, kemampuan mendeskripsikan tabel/gambar 61,32, kemampuan interpretasi 47,29, dan kemampuan membuat kesimpulan 51,06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interpretasi merupakan aspek komunikasi ilmiah yang nilai rata-ratanya paling rendah dibandingkan aspek komunikasi ilmiah lainnya. Oleh karena itu diharapkan guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika sehingga siswa dapat terlatih dengan baik khususnya kemampuan komunikasi ilmiah tertulis agar dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Al Husairi, Tomo Djudin , Erwina Oktavianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.