PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Siti Diana Sari Universitas Terbuka
  • Rahmad Husein Universitas Terbuka

Keywords:

pendekatan humanistik, pembelajaran berdifferensiasi, motivasi belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pengaruh pendekatan humanistik terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berdifferensiasi. Pendekatan humanistik menekankan penghargaan terhadap keunikan individu siswa, menciptakan lingkungkan belajar yang responsive dan memenuhi kebutuhan emosional serta sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan melakukkam observasi kelas, wawancara dengan guru, dan umpan balik siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI, dengan melibatkan dua kelas yaitu VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan humanistik terhadap motivasi belajar siswa, partisipasi aktif, dan interaksi sosial didalam kelas. Selain itu, strategi pembelajaran berdifferensiasi yang diterapkan dalam konteks ini membantu siswa untuk belajar sesuai dengan gaya dan kebutuhan siswa. Guru sebagai pendidik perlu melakukan pemetaan kebutuhan siswa sesuai kesiapan belajar,minat dan profil belajar siswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan ini Terutama dalam mendesain pembelajaran differensiasi yang mencakup differensiasi konten, differensiasi proses dan produk, sehingga perlunya pelatihan dan pemahaman mendalam tentang pendekatan humanistik dan pembelajaran differensiasi. Dengan melakukan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Abstrak ini memberikan gambaran umum tentang tujuan, metode, hasil, dan signifikansi penelitian, serta menyoroti pentingnya pendekatan humanistik dalam konteks pembelajaran berdifferensiasi.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Sari, S. D., & Husein, R. . (2024). PENGARUH PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI . Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(3), 11–19. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/1611