PENERAPAN TEORI HUMANISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA

Authors

  • Suwarianti Suwarianti Universitas Terbuka
  • Rahmad Husein Universitas Terbuka

Keywords:

teori Humanistik, Pembelajaran Project Based Learning, krativitas, kemandirian, kualitatif

Abstract

Abstrak ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teori humanistik dalam model pembejaran Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa kelas 5. Teori humanistik, yang menekankan pentingnya pengalaman belajar yang relevan dan bermakna, menganggap siswa sebai subjek aktif dalam proses pembelajaran. Guru yang berfungsi menjadi fasilitator untuk mendukung siswa dalam mengembangkan potensi diri mereka. Model pembelajaran berbasis Project memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang menantang dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga keterampilan berfikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Proses ini memotivasi kreativitas dan kemandirian karena siswa memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi ide-ide mereka sendiri. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, siswa sebagai subjek aktif yang berperan dalam proses pembelajaran sementara guru menjadi fasilitator yang mendukung eksplorasi dan pengembangan potensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori humanistik dalam pembelajaran PjBL dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif , sehingga siswa merasa dihargai dan termotivasi. Dengan diberikan kebebasan untuk memilih tema projek yang sesuai dengan minat mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan dan kreativitas. Interaksi social antara siswa dalam kelompok juga berkontribusi pada pengembangan kemandirian dan kemampuan kolaboratif. Dari analisis data, ditemukan bahwa siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam kreativitas, seperti kemampuan berpikir kritis dan inovatif dalam menyelesaikan projek. Kemandirian siswa juga meningkat, terlihat dari kemampuan mereka untuk mengatur waktu dan sumber daya dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teori humanistik melalui model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam membangun kreativas dan kemandirian siswa kelas 5 SD, serta memberikan kontribusi positif terhadap pengalaman belajar mereka secara keseluruhan.

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Suwarianti, S., & Husein, R. . (2024). PENERAPAN TEORI HUMANISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA. Seroja : Jurnal Pendidikan, 3(3), 1–10. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/1606