STUDI DEKRIPTIF KUALITATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE (IB) PRIMARY YEARS PROGRAMME DI TK SEKOLAH VICTORY PLUS KOTA BEKASI

Authors

  • Lili Kartiana Universitas Panca Sakti
  • Choiriyah Universitas Panca Sakti

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v2i5.1283

Keywords:

Kurikulum, Kurikulum International Baccalaureate, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme (PYP) di TK Sekolah Victory Plus kota Bekasi. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui proses observasi lapangan, wawancara, dokumentasi kegiatan serta catatan lapangan. Komponen yang diamati meliputi; filosofi dari implementasi kurikulum International Baccalaureate di TK Sekolah Victory Plus, bentuk interaksi yang terjalin selama kegiatan pembelajaran, evaluasi dari implementasi kurikulum International Baccalaureate di TK Sekolah Victory Plus. Hasil dari penelitian ini adalah di TK Sekolah Victory Plus menggunakan teknik Play Based Learning, Transdisciplinary Learning, dan Inquiry Based Learning sebagai bentuk implementasi kurikulum International Baccalaureate di level TK yang mana ketiga teknik pembelajaran tersebut telah mencangkup semua area seperti kemampuan bahasa, kemampuan berpikir, dan kemampuan sosialnya.

Downloads

Published

2023-09-24

How to Cite

Lili Kartiana, & Choiriyah. (2023). STUDI DEKRIPTIF KUALITATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE (IB) PRIMARY YEARS PROGRAMME DI TK SEKOLAH VICTORY PLUS KOTA BEKASI. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(5), 249–259. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i5.1283