ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM BAHASA ARAB DI SEKOLAH

STUDI PENELITIAN DI MA CIMALAKA SUMEDANG

Authors

  • Fikri Bahruddin Ar Romli UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Moch Cecep Abdul Azis UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dede Mulyanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zulli Umri Siregar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesalahan Berbahasa Arab, Analisis Kesalahan, Tata Bahasa Arab, Transfer Negatif Bahasa Ibu, Metode Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Arab yang dilakukan oleh siswa di MA Cimalaka. Dengan pendekatan analisis kesalahan (error analysis), penelitian ini mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi dan faktor-faktor penyebabnya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa Arab siswa mencakup kesalahan sintaksis, morfologis, dan semantik. Faktor utama penyebab kesalahan adalah kurangnya pemahaman terhadap tata bahasa Arab, transfer negatif dari bahasa ibu, serta metode pembelajaran yang kurang efektif.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Romli, F. B. A., Azis , M. C. A. ., Mulyanto , D. ., & Siregar, Z. U. . (2024). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM BAHASA ARAB DI SEKOLAH: STUDI PENELITIAN DI MA CIMALAKA SUMEDANG. Sabda: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 3(4), 147–149. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/sabda/article/view/2660