PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Akmal Addarwisyi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Hafidz Dian Nugraha UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • M. Itsnan Alfi Dzikri R UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Wahyu Hidayat UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Dina Indriana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Video Youtube Pendidikan, Bahasa Arab, Minat Belajar

Abstract

Di era yang didominasi oleh komunikasi digital, penting bagi para pendidik untuk memasukkan platform media sosial, seperti YouTube, ke dalam pembelajaran visual-audio untuk siswa mereka. Memanfaatkan media sosial berdampak positif pada pembelajaran bahasa Arab melalui metode audio-visual, seperti meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan kemampuan mendengar, memperluas kosakata, meningkatkan kemahiran berbicara, menyederhanakan proses pembelajaran, dan menumbuhkan kreativitas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Para peneliti mengumpulkan data dan menganalisisnya dengan perangkat lunak Windows SPSS 22.00. Mereka menggunakan berbagai metode, termasuk observasi, survei, dan penilaian. Teknik analisis yang digunakan meliputi pemeriksaan validitas, penilaian reliabilitas, dan analisis regresi. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran melalui YouTube dan minat belajar siswa secara interaktif mempengaruhi prestasi bahasa Arab mereka.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Addarwisyi, A., Nugraha , H. D. ., R , M. I. A. D. ., Hidayat , W. ., & Indriana , D. . (2024). PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Sabda: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 3(4), 124–130. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/sabda/article/view/2567