PENINGKATAN KEMAMPUAN SPEAKING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 PARE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK
DOI:
https://doi.org/10.572349/sabda.v3i1.1698Keywords:
bahasa Inggris, kemampuan speaking, talking stick.Abstract
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kemampuan speaking peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Pare dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah ini, model pembelajaran talking stick diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan speaking para peserta didik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking peserta didik kelas VII dalam bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Pare. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan partisipan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Pare. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick secara efektif meningkatkan keterampilan speaking peserta didik kelas VII dalam bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Pare. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 49,09 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 6,06% yang mengindikasikan kemampuan speaking yang kurang. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 62,66 dengan tingkat ketuntasan klasikal 24,24%, masih dianggap kurang. Namun, pada siklus II, nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 78,78, disertai dengan tingkat ketuntasan klasikal 81,81%, yang menunjukkan tingkat kemampuan berbicara yang sangat baik. Membandingkan tahap prasiklus dengan siklus I, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,57 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 18,18%. Selanjutnya, membandingkan siklus I dengan siklus II, terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,12 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 57,57%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ririn Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.