Membangun Kepemimpinan Islami: Strategi Pengambilan Keputusan di Lingkungan Pendidikan

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Sukarman Sukarman Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Herni Mulyandari Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Erna Susanti Universitas Islam Nahdlatul Ulama

Keywords:

kepemimpinan Islami, pengambilan keputusan, pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dinamika kepemimpinan Islami dalam pengambilan keputusan di lingkungan pendidikan, dengan fokus pada implementasi, faktor efektivitas, dan strategi pengembangan model kepemimpinan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif library research melalui analisis komprehensif literatur akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Islami menghadapi kompleksitas dalam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dengan tuntutan manajemen modern. Implementasi konsep musyawarah, keadilan, dan kemaslahatan membutuhkan pendekatan multidimensional yang melampaui pendekatan konvensional. Faktor kunci yang memengaruhi efektivitas kepemimpinan meliputi kapasitas intelektual dan spiritual pemimpin, sistem kelembagaan yang mendukung, serta kemampuan adaptasi terhadap transformasi digital. Penelitian merekomendasikan model kepemimpinan integratif yang memadukan spiritualitas Islam dengan profesionalisme kontemporer. Kontribusi penelitian terletak pada pengembangan kerangka konseptual kepemimpinan Islami yang responsif terhadap tantangan global sambil mempertahankan prinsip-prinsip fundamental Islam. Implikasi praktis penelitian memberikan panduan konkret bagi pemimpin pendidikan dalam mengimplementasikan kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Hasanah, U., Sukarman , S. ., Mulyandari , H. ., & Susanti , E. . (2024). Membangun Kepemimpinan Islami: Strategi Pengambilan Keputusan di Lingkungan Pendidikan. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(5), 199–211. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia/article/view/2600