MODEL PENDIDIKAN TRANSFORMATIF BERDASARKAN TEOLOGI PEMBEBASAN GUSTAVO GUTIÉRREZ DAN AJARAN YESUS DALAM INJIL LUKAS
DOI:
https://doi.org/10.572349/relinesia.v3i4.2307Keywords:
Teologi Pembebasan; ajaran Yesus; pendidikan transformatif; keadilan sosial; pemberdayaanAbstract
Penelitian ini mengkaji pengembangan model pendidikan transformatif berdasarkan Teologi Pembebasan Gustavo Gutiérrez dan ajaran Yesus dalam Injil Lukas. Melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis integrasi prinsip-prinsip Teologi Pembebasan ke dalam model pendidikan, mengidentifikasi elemen-elemen ajaran Yesus yang mendukung pendidikan transformatif, dan mensintesiskan kedua konsep tersebut untuk membentuk model pendidikan yang holistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan transformatif yang diusulkan didasarkan pada prinsip-prinsip kontekstualitas, kritikalitas, praxis, inklusivitas, dan transformasi holistik. Model ini mencakup komponen-komponen seperti kurikulum integratif, metode pembelajaran partisipatif, pengalaman lapangan, refleksi kritis, pendidikan karakter, dan integrasi teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sintesis antara Teologi Pembebasan dan ajaran Yesus berpotensi menghasilkan model pendidikan yang tidak hanya mentransmisikan pengetahuan, tetapi juga memberdayakan peserta didik untuk menjadi agen perubahan sosial.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rili Palute, Serafin Tangaguling, Anna Regeris Belopadang, Friskilia Hesti, Iriani Susanti Rattealo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.