PENGEMBANGAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI MENJAUHI PERGAULAN BEBAS BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING JENJANG SMA

Authors

  • Muhamad Mahfud Amin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Romelah Romelah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v3i4.2136

Keywords:

Project-Based Learning, pergaulan bebas, pembelajaran berbasis proyek,

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PjBL) merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses belajar melalui proyek yang dirancang untuk mengatasi masalah atau pertanyaan nyata. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas PjBL dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya pergaulan bebas di jenjang SMA dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai dampak negatif pergaulan bebas serta ajaran Islam yang berkaitan. Siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses pembelajaran, yang juga membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi mereka. Faktor-faktor pendukung utama termasuk dukungan administratif, infrastruktur yang memadai, dan komitmen sekolah terhadap inovasi pengajaran. Namun, keterbatasan waktu, sumber daya, dan kurangnya pelatihan guru menjadi hambatan yang perlu diatasi untuk memastikan keberhasilan implementasi PjBL. Dengan mengatasi hambatan-hambatan tersebut, PjBL dapat diimplementasikan lebih efektif untuk membantu siswa memahami dan menghindari bahaya pergaulan bebas.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Amin, M. M. ., & Romelah, R. (2024). PENGEMBANGAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATERI MENJAUHI PERGAULAN BEBAS BERBASIS PROJECT-BASED LEARNING JENJANG SMA. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 204–214. https://doi.org/10.572349/relinesia.v3i4.2136