SOSIALISASI PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN (AI) SECARA BIJAK UNTUK MENCEGAH PENYALAHGUNAAN DI REMAJA SMPN 182 JAKARTA

Authors

  • Adam Al Ghiffari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Ahmad Riva Fahrezi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Maria Gracia Novianti Christy Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Clara Ramadani Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Salwa Ratu Ilayya Umkabu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Raihan Abriansyach Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Fika Nur Rizki Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nayla Kynthia Dewi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Abi Rafdi Irshad Nasution Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Ahmad Khoiril Anam Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Andreas Bramantyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Hermina Manihuruk Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Putri Utami Ramadhan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Sunardin Sunardin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Edukasi, Literasi Digital, Remaja, Project-Based Learning (PjBL)

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) semakin mudah diakses dan sering dimanfaatkan dalam kehidupan digital, namun penggunaannya yang tidak bijak dapat menimbulkan risiko seperti penyebaran informasi palsu dan konten negatif, khususnya di kalangan remaja. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa SMPN 182 Jakarta agar memahami penggunaan AI secara bijak dan bertanggung jawab, serta mampu mengenali potensi manfaat dan bahaya dari teknologi ini. Sosialisasi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Project-Based Learning (PjBL). Teknik pengumpulan data meliputi pre-test dan post-test untuk mengevaluasi perubahan pemahaman siswa, serta observasi dan diskusi interaktif sebagai cara untuk menggali persepsi siswa secara mendalam mengenai AI. Hasil sosialisasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa sebesar 28% setelah sosialisasi, dengan rata-rata skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test. Hasil ini menunjukkan bahwa sosialisasi efektif dalam meningkatkan literasi digital dan kesadaran siswa mengenai penggunaan AI yang aman dan positif. Dengan adanya edukasi ini, siswa diharapkan dapat memanfaatkan AI secara bertanggung jawab serta terhindar dari dampak negatif penyalahgunaan teknologi. Produk luaran dari kegiatan Project-Based Learning (PjBL) meliputi poster, artikel, dan video.

Downloads

Published

2024-12-16