Implementasi Pendekatan Interaktif dan Edukatif: Strategi Peningkatan Kesadaran Makanan Sehat di SAAJA

Authors

  • Alyssa Nahwa Haura Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Fairuz Arkan Fatihah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Tiara Rahma Aulia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Aisyah Chairani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Muhammad Andhika Dwi Perdana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Sintia Pratama Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nathasha Aurellia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Muhamad Akbar Syah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Paulinna Lintang M. P. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nazriel Efriza Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Febi Junaidi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Arif Pradono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Ilona Vicenovi Oisina Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Badruddin Badruddin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Nur Amalia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Fauzi Rahman Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Andreas Bramantyo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Prima Dwi Yuliani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Keywords:

Makanan Sehat, Interaktif, Edukatif, SAAJA

Abstract

Edukasi gizi memiliki peranan yang sangat penting, terutama bagi anak-anak, dalam membiasakan pola hidup sehat agar pertumbuhan mereka dapat berlangsung secara optimal. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan anak adalah makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Kandungan dan komposisi nutrisi dalam makanan dapat berfungsi sebagai salah satu langkah pencegahan terhadap masalah kesehatan di masa depan, seperti obesitas dan gangguan pertumbuhan. Namun, pemahaman anak-anak mengenai pola hidup sehat masih tergolong minim, terutama di kalangan anak-anak yang kurang terpapar informasi mengenai pola makan yang sehat. Dalam konteks ini, kegiatan edukasi yang penulis lakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran anak-anak Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) terhadap pentingnya pola makan sehat. Berdasarkan analisis situasi, ditemukan bahwa sebagian anak belum memahami perbedaan antara makanan sehat dan tidak sehat. Oleh karena itu, kegiatan ini menawarkan solusi berupa sosialisasi dengan pendekatan interaktif serta aktivitas yang mempraktikkan pola makan sehat. Metode ini dirancang untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak. Kemudian, penulis juga memberikan pre test dan post test untuk mengukur pemahaman anak-anak Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) sebelum dan sesudah pemberian materi. Setelah pelaksanaan kegiatan ini, diperoleh hasil yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman anak-anak terhadap makanan sehat. Hasil tersebut terlihat dari kemampuan mereka dalam membedakan antara makanan sehat dan tidak sehat, serta kecenderungan mereka untuk lebih memilih mengkonsumsi makanan bergizi. Dengan demikian, hasil dari kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan mereka, tetapi juga menjadi langkah awal dalam penerapan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2024-12-16