TEACHING ANIMAL AND FOOD MATERIAL IN ENGLISH USING DRAMA TECHNIQUES AT SD 09 ANGGUT BENGKULU CITY

Authors

  • Desliana Desliana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muhammad Dwiki Saddam Hafiz Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agung Suhadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.572349/musyawarah.v2i1.2141

Keywords:

Drama, Pengajaran, Peserta didik

Abstract

Melalui mata pelajaran drama, siswa diajarkan untuk menggunakan teknik drama dan menjadikannya lebih menyenangkan bagi anak. Siswa mengajar di SD 09 Anggut Kota Bengkulu. Pengajaran drama bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar merupakan komunikasi nyata yang melibatkan ide, emosi, perasaan dan adaptasi. Drama di kelas pembelajar muda (YL) memungkinkan siswa pemalu untuk “bersembunyi di balik” karakter ketika mereka berbicara bahasa Inggris. Ada beberapa alasan yang mendasari penggunaan drama untuk pengajaran bahasa Inggris kepada pelajar muda: (a) Drama membantu anak-anak mengaktifkan bahasa dan bersenang-senang. Mendorong anak untuk berbicara dan memungkinkan mereka berkomunikasi, meski dengan bahasa terbatas, menggunakan komunikasi nonverbal, seperti gerakan tubuh dan ekspresi wajah; (b) Drama sudah tidak asing lagi bagi anak-anak. Dramatisasi sudah menjadi bagian kehidupan anak sejak usia dini. Mereka berpura-pura menjadi dewasa dalam situasi yang mendekati kenyataan. Mereka juga berperilaku dewasa saat memainkan perannya; (c) Drama membantu anak membangun rasa percaya diri. Artinya dengan mengambil peran, anak bisa lepas dari jati dirinya sehari-hari. Hal ini berguna bagi anak-anak yang enggan menggunakan bahasa Inggris atau tidak suka bekerja dalam kelompok; (d) Drama secara dinamis menumbuhkan kemampuan kerjasama anak dalam kelompok. drama, media pengajaran, pembelajar muda

Downloads

Published

2024-02-06