METODE ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 14 PEMULUTAN DESA SIMPANG PELABUHAN DALAM

Authors

  • Gita Arinda Universitas Bina Darma
  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.572349/musyawarah.v2i1.1700

Keywords:

Minat Belajar, Ice Breaking, Siswa .

Abstract

Minat dalam belajar adalah kecenderungan seorang anak terhadap suatu pembelajaran yang berasal dari rasa suka atau ketertarikan terhadap pembelajaran yang tidak dipengaruhi oleh orang lain, cara paling efektif untuk membangkitkan minat terhadap mata pelajaran baru adalah dengan memanfaatkan minat siswa yang sudah ada. Adapun permasalahan siswa di SD Negeri 14 Pemulutan dari hasil observasi dalam proses pembelajaran masih kurang berkonsentrasi siswa pada proses pembelajaran masih belum begitu terfokus, ketertarikan akan materi pembelajaran belum menyeluruh pada siswa, rasa senang pada saat pembelajaran berlangsung belum begitu terlihat dan masih rendahnya keterlibatan siswa untuk bertanya atau merespon penjelasan guru. Metode ice breaking adalah sebagai salah satu teknik pembelajaran yang menarik minat siswa untuk mulai bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung karena dengan adanya ice breaking ini dapat menarik perhatian anak agar dapat fokus dalam pembelajaran. Hasil pengenalan ice breaking yang penulis lakukan disambut baik oleh guru dan peserta didik dan menambah minat dalam belajar siswa.

Downloads

Published

2024-01-22