Pemanfaatan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis SWOT Dalam Mendesain Strategi Peningkatan Efektivitas UMKM Sidizert

Authors

  • Raufha Raihan Ariffianto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Bowo Santoso Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.572349/musyawarah.v2i1.1691

Keywords:

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Business Model Canvas (BMC) Analisis SWOT Strategi Peningkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemilik usaha melalui pendampingan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta merumuskan strategi bagi usaha “Sidizert” dengan pembuatan Business Model Canvas (BMC) yang didesain dengan membuat 9 elemen untuk melakukan pemetaan bisnis secara holistik. Analisis SWOT juga dilakukan untuk melihat kelemahan dan ancaman yang dihadapi dengan memanfaatkan kelebihan dan peluang yang dimiliki. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang memungkinkan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kondisi, tantangan, dan peluang yang dihadapi oleh UMKM Sidizert. Hasil analisis SWOT menjadi dasar bagi pembuatan strategi, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan dan daya saing UMKM, khususnya UMKM Sidizert di sektor Food and Beverages di Tebet, Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Sidizert dapat bersaing dan memperluas pasar dengan cara meningkatkan kualitas produk dengan menjalin kemitraan dengan supplier yang menyediakan produk gelato berkualitas tinggi dan penyesuaian harga agar mampu bersaing di pasar yang kompetitif (value prepositions dan key partners), perbaikan penampilan booth dan juga pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan pelayanan (key resources). Pentingnya hasil pengabdian ini dalam memberikan pemahaman, strategi, dan dukungan bagi UMKM. Melalui peningkatan tersebut, diharapkan UMKM Sidizert dapat menghadapi persaingan di pasar yang semakin kompetitif.

Downloads

Published

2024-01-17