PENGARUH ROA, ROE, DAN NPM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BEI PERIODE 2019-2023

Authors

  • Rapel Rapel Universitas Palangka Raya
  • Oktobria Yusirat Asi Universitas Palangka Raya
  • Dhea Noptiya Yusti Universitas Palangka Raya
  • Agustina Peronika Universitas Palangka Raya
  • Adetia Kaleluni Universitas Palangka Raya
  • Dela Puspita Universitas Palangka Raya
  • Devi Anggriani Universitas Palangka Raya
  • Dewi Suryani Universitas Palangka Raya
  • Epipania Manuel Universitas Palangka Raya

Keywords:

ROE, NPM, ROA, BEI, nilai perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap nilai perusahaan pada sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2019-2023. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan dengan metode purposive sampling, dan analisis menggunakan regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama, ROA, ROE, dan NPM berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, yang diukur menggunakan Price to Book Value (PBV). Secara individu, ROA dan ROE memberikan pengaruh positif signifikan, sedangkan NPM berpengaruh negatif signifikan. Pandemi COVID-19 diketahui memengaruhi pola konsumsi dan operasional perusahaan, sehingga berdampak pada kinerja sektor ini. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi keuangan, menarik investor, dan mendorong nilai perusahaan di pasar.

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Rapel, R., Asi , O. Y. ., Yusti , D. N. ., Peronika , A. ., Kaleluni, A. ., Puspita , D. ., Anggriani , D. ., Suryani , D. ., & Manuel , E. . (2024). PENGARUH ROA, ROE, DAN NPM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BEI PERIODE 2019-2023. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 67–74. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/2428