PENGARUH ROA, ROE, DAN NPM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN DI BEI PERIODE 2019-2023
Keywords:
ROE, NPM, ROA, BEI, nilai perusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap nilai perusahaan pada sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2019-2023. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan dengan metode purposive sampling, dan analisis menggunakan regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa secara bersama-sama, ROA, ROE, dan NPM berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, yang diukur menggunakan Price to Book Value (PBV). Secara individu, ROA dan ROE memberikan pengaruh positif signifikan, sedangkan NPM berpengaruh negatif signifikan. Pandemi COVID-19 diketahui memengaruhi pola konsumsi dan operasional perusahaan, sehingga berdampak pada kinerja sektor ini. Temuan ini memberikan wawasan strategis bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi keuangan, menarik investor, dan mendorong nilai perusahaan di pasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rapel Rapel, Oktobria Yusirat Asi , Dhea Noptiya Yusti , Agustina Peronika , Adetia Kaleluni, Dela Puspita , Devi Anggriani , Dewi Suryani , Epipania Manuel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.