PENGARUH ROA, MVA, DAN ROE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Susan Rusli Universitas Esa Unggul

Keywords:

Return On Asset, Market Value Added, Return on Equity, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengindentifikasi pengaruh ROA (Return on Asset), MVA (Market Value Added), dan ROE (Return on Equity) terhadap harga saham pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Metode analisis data di penelitian ini menggunakam IBM SPSS Versi 29 dengan menjalankan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 10 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial atau Uji T, ROA (Return on Asset) berpengaruh positif secara signifikan terhadap harga saham, MVA (Market Value Added) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dan dan ROE (Return on Equity) berpengaruh positif secara signifikan terhadap harga saham. Sementara itu, secara simultan atau Uji F, pengaruh ROA (Return on Asset), MVA (Market Value Added), dan ROE (Return on Equity) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan koefisien determinasi (Adjusted R-Square) sebesar 0,411. Hal ini artinya 41,1% variabel independen yaitu ROA (Return on Asset), MVA (Market Value Added), dan ROE (Return on Equity) mempengaruhi harga saham, sedangkan sisanya 58,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Rusli, S. (2024). PENGARUH ROA, MVA, DAN ROE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 462–478. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/2242