ANALISIS KOMPARATIF PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE DAN TOKOPEDIA PADA KALANGAN MAHASISWA KELAS 2AKBI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMADIYAH RIAU
Keywords:
E-commerce, Preferensi Pengguna, Pengalaman Pengguna, Perilaku Konsumen, Analisis KomparatifAbstract
Artikel ini memberikan analisis komparatif penggunaan dua Platform e-commerce besar di Indonesia yaitu Shopee dan Tokopedia, oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau terkhusus kelas 2AKB1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami preferensi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan siswa terhadap, Platform e-commerce. Metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari sejumlah besar Mahasiswa kelas 2AKB1 yang disurvei. Hasil Analisis menunjukkan bahwa Mahasiswa kelas 2AKB1 lebih banyak menggunakan Platform e-commerce Shopee dibandingkan Platform e-commerce Tokopedia. Alasan sebagian besar mahasiswa 2AKB1 memilih Platform e-commerce Shopee adalah karena Shopee sering menawarkan berbagai promosi, diskon besar, dan kupon menarik. Selain itu, Shopee juga menyediakan permainan online menarik yang memberikan hadiah koin Shopee. Koin ini dapat digunakan untuk potongan harga belanja di berbagai layanan yang ditawarkannya. Layanan pengiriman gratis juga menjadi daya tarik besar bagi mahasiswa yang ingin menghemat uang. Selain itu, Shopee menawarkan rangkaian produk yang sangat lengkap dengan harga terjangkau, seringkali lebih murah dibandingkan Platform lain. Sistem ulasan produk dari para konsumen yang komprehensif membantu Mahasiswa membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Artikel ini memberikan wawasan tentang perilaku belanja online mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka, sehingga pengembang e-commerce dapat menjadikan dasar untuk meningkatkan strategi pemasaran dan mengembangkan layanan yang lebih efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nasya Paramiya Sari, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.