ANALISIS KOMPARATIF PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE DAN TOKOPEDIA PADA KALANGAN MAHASISWA KELAS 2AKBI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMADIYAH RIAU

Authors

  • Nasya Paramiya Sari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Riau

Keywords:

E-commerce, Preferensi Pengguna, Pengalaman Pengguna, Perilaku Konsumen, Analisis Komparatif

Abstract

Artikel ini memberikan analisis komparatif penggunaan dua Platform e-commerce besar di Indonesia yaitu Shopee dan Tokopedia, oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau terkhusus kelas 2AKB1. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami preferensi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan siswa terhadap, Platform e-commerce. Metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari sejumlah besar Mahasiswa kelas 2AKB1 yang disurvei. Hasil Analisis menunjukkan bahwa Mahasiswa kelas 2AKB1 lebih banyak menggunakan Platform e-commerce Shopee dibandingkan Platform e-commerce Tokopedia. Alasan sebagian besar mahasiswa 2AKB1 memilih Platform e-commerce Shopee adalah karena Shopee sering menawarkan berbagai promosi, diskon besar, dan kupon menarik. Selain itu, Shopee juga menyediakan permainan online menarik yang memberikan hadiah koin Shopee. Koin ini dapat digunakan untuk potongan harga belanja di berbagai layanan yang ditawarkannya. Layanan pengiriman gratis juga menjadi daya tarik besar bagi mahasiswa yang ingin menghemat uang. Selain itu, Shopee menawarkan rangkaian produk yang sangat lengkap dengan harga terjangkau, seringkali lebih murah dibandingkan Platform lain. Sistem ulasan produk dari para konsumen yang komprehensif membantu Mahasiswa membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Artikel ini memberikan wawasan tentang perilaku belanja online mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka, sehingga pengembang e-commerce dapat menjadikan dasar untuk meningkatkan strategi pemasaran dan mengembangkan layanan yang lebih efektif.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Sari, N. P., & Wahyuni, S. . . (2024). ANALISIS KOMPARATIF PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE DAN TOKOPEDIA PADA KALANGAN MAHASISWA KELAS 2AKBI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMADIYAH RIAU. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 422–429. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/2177