EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PENDEKATAN AIDA MODEL

(Studi Kasus Instagram @Kopikenangan.id)

Authors

  • Devin Elmertian Universitas Negeri Jakarta
  • Sholikhah Sholikhah Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Agustin Pratama Sari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i7.1535

Keywords:

Efektivitas Iklan, Instagram, Attention, Interest, Desire, Action

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan melalui Media Sosial Instagram dengan pendekatan AIDA Model dengan studi kasus pada penelitian ini yaitu Media Sosial Instagram Kopi Kenangan (@kopikenangan.id). Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi sederhana, analisis deskriptif, dan skor rata-rata. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dimensi Attention dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata-rata yaitu 3,17 termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Interest dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata-rata yaitu 3,14 termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Desire dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata–rata yaitu 3,13 termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Action dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata– rata termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Dari keempat dimensi AIDA yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action mendapatkan hasil dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam sangat baik dan pengukuran skor rata-rata termasuk dalam kriteria “Efektif”. Dari keempat dimensi tersebut nilai keefektifan paling tinggi yaitu Attention, kedua Interest, ketiga Desire, dan keempat Action.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Elmertian, D. ., Sholikhah, S., & Sari, D. A. P. . (2024). EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PENDEKATAN AIDA MODEL : (Studi Kasus Instagram @Kopikenangan.id). Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 62–77. https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i7.1535