EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PENDEKATAN AIDA MODEL
(Studi Kasus Instagram @Kopikenangan.id)
DOI:
https://doi.org/10.572349/mufakat.v2i7.1535Keywords:
Efektivitas Iklan, Instagram, Attention, Interest, Desire, ActionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan melalui Media Sosial Instagram dengan pendekatan AIDA Model dengan studi kasus pada penelitian ini yaitu Media Sosial Instagram Kopi Kenangan (@kopikenangan.id). Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabulasi sederhana, analisis deskriptif, dan skor rata-rata. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dimensi Attention dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata-rata yaitu 3,17 termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Interest dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata-rata yaitu 3,14 termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Desire dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata–rata yaitu 3,13 termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Action dilihat dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam kategori sangat baik dan berdasarkan dari pengukuran skor rata– rata termasuk dalam tingkat interval “Efektif”. Dari keempat dimensi AIDA yaitu Attention, Interest, Desire, dan Action mendapatkan hasil dari pengukuran skor kriteria termasuk dalam sangat baik dan pengukuran skor rata-rata termasuk dalam kriteria “Efektif”. Dari keempat dimensi tersebut nilai keefektifan paling tinggi yaitu Attention, kedua Interest, ketiga Desire, dan keempat Action.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devin Elmertian, Sholikhah Sholikhah, Dewi Agustin Pratama Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.