STRATEGI PENERAPAN GERAKAN ENAM LITERASI SEKOLAH DI SDN 003 TAMBUSAI, SDN 004 PEKANBARU, MI AS SALAM KERINCI KANAN, SD DINIYAH PEKANBARU

Main Article Content

Ardilla Dinova
Lusi Aprili Wahuni
Siti Nurhasanah
Via Amalia
Febrina Dafit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana penerapan Gerakan Literasi di empat SD yang ada di Pekanbaru, Siak, dan Rokan Hilir, yaitu di     SDN 003 Tambusai, SDN 004 Pekanbaru, MI AS SALAM Kerinci Kanan, SD Diniyah Pekanbaru. Dan apakah apakah ke empat sekolah tersebut sudah menerapkan keenam literasi tersebut. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data dalam pelakasaan  Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data dalam pelakasaan  Gerakan enam Literasi Sekolah dan dampak pengaruh Gerakan Literasi Sekolah di SDN 003 Tambusai, SDN 004 Pekanbaru, MI AS SALAM Kerinci Kanan, SD Diniyah Pekanbaru. Wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah di empat sekolah tentang program liteasi apa yang sudah  dilaksanaan di empat SD tersebut, Dokumentasi foto diambil pada saat pelaksanaan kegiatan Gerakan lima Literasi Sekolah berlangsung, wawancara dengan wali kelas.  Hasil penelitian menujukkan bahwa Gerakan enam Literasi Sekolah dan dampak pengaruh Gerakan Literasi Sekolah di SDN 003 Tambusai, SDN 004 Pekanbaru, MI AS SALAM Kerinci Kanan, SD Diniyah Pekanbaru. kegiatan gerakan enam literasi membawa pengaruh besar untuk siswa di SD yang ada di Pekanbaru, Siak, dan Rokan Hilir, yaitu di     SDN 003 Tambusai, SDN 004 Pekanbaru, MI AS SALAM Kerinci Kanan, SD Diniyah Pekanbaru. siswa bisa lebih aktif dan banyak mengetahui baik iu tentang membaca, menulis, berhitung, merawat lingkungan, teknologi, dan keuangan.


 

Article Details

How to Cite
Dinova, A., Wahuni, L. A. ., Nurhasanah, S. ., Amalia, V. ., & Dafit, F. . (2023). STRATEGI PENERAPAN GERAKAN ENAM LITERASI SEKOLAH DI SDN 003 TAMBUSAI, SDN 004 PEKANBARU, MI AS SALAM KERINCI KANAN, SD DINIYAH PEKANBARU. Dahlia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 54–66. https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.596
Section
Articles
Author Biographies

Ardilla Dinova, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

 

Lusi Aprili Wahuni, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

 

Siti Nurhasanah, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

 

Via Amalia, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

 

Febrina Dafit, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS ISLAM RIAU