PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS CANVAS INSTRUCTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.475Keywords:
Learning Management system, Kemampuan Berpikir Kritis, Canvas Instructure.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Learning Management System dalam mata pelajaran fisika SMA terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Learning Management System yang di gunakan berbasis Canvas Instructure. Metode penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dengan instrumen yang dibuat sesuai dengan aspek berpikir kritis Facione (2015). Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 peserta didik SMA yang dibagi menjadi dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 26 peserta didik. Pada tahap pelaksanaan, hasil antara pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 16,35 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sebesar 12.5. Serta terdapat perbedaan rata-rata post-test kedua kelas sebesar 7,89. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Learning Management System pada sekolah ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selain itu, penggunaan Learning Management System berbasis Canvas Instructure dapat mempengaruhi proses pembelajaran menjadi lebih baik. Hal ini dapat di lihat dari kondisi kelas yang lebih interaktif dan respon positif dari peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Veisya Afra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.