PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS CANVAS INSTRUCTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Veisya Afra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.475

Keywords:

Learning Management system, Kemampuan Berpikir Kritis, Canvas Instructure.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Learning Management System dalam mata pelajaran fisika SMA terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Learning Management System yang di gunakan berbasis Canvas Instructure. Metode penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dengan instrumen yang dibuat sesuai dengan aspek berpikir kritis Facione (2015). Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 peserta didik SMA yang dibagi menjadi dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 26 peserta didik. Pada tahap pelaksanaan, hasil antara pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 16,35 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sebesar 12.5. Serta terdapat perbedaan rata-rata post-test kedua kelas sebesar 7,89. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Learning Management System pada sekolah ini dapat meningkatkan kemampuan  berpikir kritis peserta didik. Selain itu, penggunaan Learning Management System berbasis Canvas Instructure dapat mempengaruhi proses pembelajaran menjadi lebih baik. Hal ini dapat di lihat dari kondisi kelas yang lebih interaktif dan respon positif dari peserta didik.

 

Author Biography

Veisya Afra, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Afra, V. . (2023). PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS CANVAS INSTRUCTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Dahlia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.475