ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Laurensia M. Perangin-angin
Lely Anggraini

Abstract

Pembelajaran Berbasis Etnosains Di Sekolah Dasar. Etnosains merupakan strategi penciptaan
lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang mengintegrasikan budaya sebagai
bagian dari proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Pengintegrasian etnosains dalam pembelajaran
dapat menggambarkan secara jelas kekhasan materi ajar, ruang kelas, lingkungan belajar, metode
pembelajaran maupun pendekatan pembelajaran yang berbasis budaya. Proses pembelajaran akan
efektif jika etnosains diintegrasikan kedalam tema-tema pembelajaran sebagai tema pokok
pembelajaran. Misalnya tentang pengetahuan budaya yang berkaitan ritual adat, tanaman obatobatan tradisional, rumah adat, dan pengetahuan budaya lainnya yang relevansi dengan tema
pembelajaran. Etnosains dapat diimplementasikan melalui metode pembelajaran yang berpusat
pada siswa melalui metode problem based learning (PBL), project based learning (PjBL),
discovery, inkuiri, dan keterampilan proses. Dengan pengintegrasian etnosains maka pembelajaran
yang berlangsung bukan saja menggali pengetahuan deklaratif siswa, tetapi juga pengetahuan
prosedural yang mengacu pada konstruktivisme. 


 

Article Details

How to Cite
M. Perangin-angin, L., & Anggraini , L. . (2023). ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Dahlia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.471
Section
Articles
Author Biographies

Laurensia M. Perangin-angin, Universitas Negeri Medan

 

 

Lely Anggraini , Universitas Negeri Medan