Penerapan Model Pembelajaran Resource Basic Learing (RBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Teks Pidato Siswa Kelas X SMK Pancasila Mojowarno Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.1728Keywords:
Metode, Resource Basic Learning, teks pidatoAbstract
Ketercapaian tujuan pendidikan di sekolah terutama ditentukan oleh perana n guru, karena guru merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan kebe rhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Guru terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar. Guru dapat menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Keberhasilan guru ditentukan oleh banyak faktor, antara lain: minat dan motivasiny a, keterampilan akademis, keterampilana dministratif, sarana dan prasarana yang tersedia, kondisi social ekonomi dan lingkungan siswa. Kegiatan pembelajaran, lingk ungan belajar harus diatur serta diawasi agar kegiatan belajar terarah sesuai dengan tujuan pendidikan. Lingkunagn belajar yang baik adalah lingkungan yang menantan g dan merangsang para siswa untuk belajar, memberikan rasa aman, dan kepuasan serta mencapai tujuan yang diharapkan. Rancangan yang digunakan dalam penelitia n ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom maction research). Hal tersebut ber kaitan dengan konsep penelitian ini, yaitu penerapan model pembelajaran resource basic learning untuk meningkatkan kemampuan menyimak teks pidato siswa kelas X SMK Pancasila Mojowarno Jombang. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas dilakukan pad a setiap siklus, yang masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi (Arikunto, 2014:138-140). Hal yang perlu ingat dan taat pada apa yang sudah dirumuskan dalam rancangan. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang pembelajaran yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi kelebihan dan kekurangan dalam pembe lajaran. Refleksi adalah suatu kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah terjadi dalam hal ini untuk melihat berbagai kekurangan dari hasil observasi pembelajaran sehingga guru dapat mencatat berbagai kekurangan yang perlu diperbaiki, yang dapat dijadikan dasar dalam penyusunan recana ulang Hasil kemampuan menyimak teks pidato yang dimaksud adalah nilai-nilai yang diperoleh siswa kelas X SMK Pancasila Mojowarno Jombangtahun ajaran 2021/2022 berdasarkan hasil tes yang dilaksakan pada akhir siklus II. Dalam melakukan pengamatan pertama selama proses pembelajaran, peneliti menggunakan pedoman yang difokus kan pada situasi belajar mengajar. Hal ini diamatai dalam proses belajar mengajar yang berkaiatan dengan perilaku siswa baik itu negatif maupun positif terhadap partisipasi, respon, perhatian, serta keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan. Berikut dijabarkan hasil pengamatan selama proses belajar mengajar pada siklus II. Pada proses pembelajaran siklus II siswa juga belum sepenuhnya aktif dalam kegiatan pembelajaran dalam siklus II sudah ada perubahan dengan bertam ahnya siswa d alam hal ini terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dibandingkan dengan proses pembelajaran pada siklus I.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fani Dwiarianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.